Pengumuman CPNS Diperkirakan Desember

PAMEKASAN – Pasca pelaksanaan tes tulis CPNS 21 November lalu, warga mempertanyakan kapan hasil seleksi diumumkan. Pasalnya, warga merasa belum mendapatkan kepastian tanggal pelulusan dan siapa saja yang lulus tes CPNS.

Seorang pelamar CPNS Imamah mengaku ingin mengetahui kapan hasil tes seleksi diumumkan. Dia mengatakan, dia dan temannya saat ini gundah. Alasannya, dia khawatir tidak lulus. Selain itu, Imah juga waswas karena pemerintah kabupaten memiliki otoritas penuh dalam meluluskan atau tidak meluluskan peserta tes CPNS.

Dia berharap pemerintah menyampaikan pengumuman dalam waktu yang tidak terlalu lama. Selain itu, lulusan PGSD itu juga berharap yang lulus benar – benar berhak lulus sesuai akumulasi nilai tes. Menurutnya, ribuan peserta tes CPNS tidak rela apabila yang lulus karena faktor lain semisal membayar oknum tertentu agar diluluskan. “Bisa dibayangkan berapa ribu orang yang menggantungkan nasibnya pada CPNS,” paparnya.

Ketua Komisi D H M. Makmun juga memiliki harapan yang sama dengan semua peserta CPNS. Yakni, pemerintah meluluskan orang yang memang memenuhi syarat untuk lulus. Ketika pulang kerja, Makmun mengaku seringkali ditanya masyarakatnya terkait CPNS. Salah satunya, warga menanyakan apakah saringan CPNS benar – benar murni atau tidak. Artinya, katanya, pengalaman di era Orde Baru yang diduga sarat KKN masih membekas di hati masyarakat. “Tetapi saya yakinkan warga bahwa rekrutmen CPNS tidak ada KKN,” terangnya.

Dia meminta pemerintah melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku. Makmun menambahkan, Kabupaten Pamekasan memiliki catatan yang kurang baik dalam CPNS 2008. Saat itu, kenangnya, Pamekasan melaksanakan tes lebih dari satu kali karena diduga affair dalam seleksi CPNS. Tahun ini, dia menilai Pamekasan menunjukkan tes CPNS yang jujur, adil, dan konsisten. “Kapan diumumkan kami juga tidak tahu persis,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BKD Lukman Hedi Madya menegaskan pengumuman rekrutmen CPNS tidak akan berlangsung lama. Dia yakin setelah hasil koreksi diterima dari tim pembuatan dan pengoreksi soal di UI Jakarta, pemkab akan mengumumkannya. Dia belum bisa memastikan kapan tanggal dan hari resminya pengumuman hasil seleksi CPNS. Tetapi, di optimistis bulan depan (Desember) hasil koreksi LJK sudah diterima pemkab. “Mudahan – mudahan tidak ada kendala dan hasil tes segera diumumkan memenuhi kehendak masyarakat,” pungkasnya. (abe/rd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: