Panitia CPNS Kirim Data ke ITS, 1.131 Pendaftar Gagal Tes

SUMENEP-Panitia CPNS Sumenep telah mengirim data pelamar ke pihak Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kemarin. Data itu terkait dengan pembuatan soal yang akan diujikan pada tes seleksi CPNS 21 November mendatang.

Dari informasi yang dihimpun koran ini, ITS menjadi pilihan karena dianggap kapabel, layak dan bersih. Kerjasama dengan ITS sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Dan, dianggap sudah teruji dalam hal pembuatan soal. Sehingga, bupati tahun ini tetap mempertahankan ITS sebagai penanggung jawab rekrutmen CPNS.

Menurut Carto, sekretaris BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan) Sumenep, penggunaan ITS dalam pembuatan soal sebagai bentuk kepercayaan selama ini. “Sebab, ITS dianggap baik dan bertanggung jawab dengan hasil yang ada. Maka, otomatis kita tetap melanjutkan kerjasamanya,” katanya.

Selain itu, sambungnya, kerjasama tersebut sudah ada perjanjiannya. Sehingga, apa yang dilakukan selalu mengacu kepada perjanjian yang telah disepakati bersama. “Kita (panitia CPNS,Red.) dalam hal bertindak selalu mengacu kepada perjanjian yang ada,” paparnya tanpa memberi penjelasan rinci tentang isi perjanjian yang telah disepakati.

Apakah ITS yang menentukan kelulusan? Carto menjelaskan, pihak ITS hanya meranking saja hasil ujian. Kemudian, diserahkan kepada panitia. “Sedangkan keputusan akhir tetap berada di bupati,” katanya. Dan, biasanya bupati tetap mengacu kepada hasil ujian yang diberikan pihak ITS.

Sekadar diketahui, jumlah pelamar CPNS di Sumenep sebanyak 6.254. Yang memenuhi persyaratan (MS) sekitar 5.132. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) alias gagal di administrasi berkisar 1.131 orang. Jadi, yang akan mengikuti tes seleksi CPNS 21 November mendatang sebanyak 5.132 orang.

Formasi yang paling banyak dipilih pelamar adalah S1 PGSD/D2 PGSD sebanyak 2.814, sedangkan yang dibutuhkan hanya 61 orang. Kemudian, S1 PAI sebanyak 983 dan akan diambil 11 orang. Juga, S1 keperawatan/D3 keperawatan sebanyak 539 dan akan diambil 18 orang.

Carto menambahkan, untuk amplop balasan yang ada di panitia telah diberikan semuanya kepada pihak pos “Semalam (kemarin malam, Red.) sudah diberikan semuanya kepada pos,” jelasnya.

Sementara itu, pihak PT Pos Sumenep yang dikonfirmasi melalui bagian pemasaran Suharis menuturkan, pihaknya sampai saat ini telah mendistribusikan sebanyak 4.900 surat balasan pelamar CPNS. “Dari yang amplop balasan yang masuk ke pos, sudah sekitar 85 persen terdistribusikan,” paparnya.

Diperkirakan, Senin (16/11) mendatang semua surat balasan sudah terdistribusikan. “Itu pun kalau surat balasan yang ada di panitia sudah betul terkirim semua ke pos,” pungkasnya. (c26/zid/rd)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: