Kompensasi

KOMPENSASI

Kompensasi merupakan sesuatu yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk jasa mereka dapat berupa finansial dan non finansial, Sistem kompensasi yang baik akan mampu memberikan kepuasan bagi karyawan dan memungkinkan perusahaan memperoleh yang diharapkan, mempekerjakan yang diinginkan, dan mempertahankan karyawan yang ada.

Kompensasi memiliki arti penting karena kompensasi mencerminkan upaya dalam mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Pengalaman menunjukkan bahwa kompensasi yang tidak memadai dapat menurunkan prestasi kerja, motivasi kerja, dan kepuasan kerja karyawan, bahkan dapat menyebabkan karyawan yang potensial keluar dari perusahaan.

Program-program kompensasi karyawan dirancang untuk tiga hal :

1. Untuk menarik karyawan yang cukup.

2. Untuk memotivasi mereka untuk mencapai prestasi yang unggul.

3. Untuk mencapai masa dinas yang panjang.

Program-program kompensasi penting bagi perusahaan untuk mencerminkan upaya organisasi untuk mempertahankan sumber daya manusia, disamping itu kompensasi dalam bentuk pengupahan dan balas jasa lainnya sering merupakan komponen-komponen biaya yang paling penting dan paling besar. Bila kompensasi dan penggajian tidak diadministrasikan secara tepat maka perusahaan bisa kehilangan karyawan yang baik dan harus mengeluarkan biaya untuk menarik, menyeleksi, melatih, dan mengembangkan karyawan penggantinya.

Makalah dapat di download disini Kompensasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: