Tujuan Berumah Tangga, Mawaddah, Warahmah, Sakinah

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ruum [30]: 21)

Memasuki hidup baru bagi sebuah pasangan baru, atau lebih dikenal dengan pengantin baru memang merupakan suatu yang membahagiakan. Akan tetapi bukan berarti tanpa kesulitan. Dari pertama kali melangkah ke pelaminan, semuanya sudah akan terasa lain. Lepas dari ketergantungan terhadap orang tua, teman, saudara, untuk kemudian mencoba hidup bersama orang – yang mungkin – belum pernah kenal sebelumnya. Semua ini memerlukan persiapan khusus (walaupun sebelumnya sudah kenal), agar tidak terjebak dalam sebuah dilema rumah tangga yang dapat mendatangkan penyesalan di kemudian hari.

Terlepas dari itu semua tujuan seseorang dari berumah tangga antara lain :

Pertama untuk menciptakan keluarga Mawaddah Wa Rahmah, apa yang dimaksud dengan keluarga  sakinah, mawaddah wa rahmah. Saya hanya tahu sakinah artinya tenang,  tentram.? Nah Sakinah artinya tenang/tentram, mawaddah  artinya bahagia, wa = dan, sedangkan rahmah artinya mendapat  rahmah/cinta..

Kedua Menjadi OrangTua Yang Muttaqin (Taqwa) dengan  menjadi orang tua yang muttaqin, maka dengan menciptakan keluarga Qurrata a’yun (keluarga yang penuh sakinah) insyallah akan lahir Generasi Yang Muttaqin. Untuk menjadikan generasi muttaqin bukan dididik dengan pengetahuan umum akan tetapi harus dididik dengan pengetahuan aqama, dan untuk mendapatkan pengetahuan  agama akan didapat di pondok pesantren, baik pondok pesantren salafiyah maupun pesantren modern.

Ketiga Tujuan Untuk mendapat kamar berdua di surga, maka hendaknya kita menberusaha untuk mendapatkan kamar disurga untuk mendapatkan kamar disurga kita harus menjalani dalam kehidupan keluarga dengan penuh kesabaran.

Semoga Allah subhanahu wata’ala menjadikan rumah tangga kaum Muslimin menjadi rumah tangga yang selalu diliputi sakinah, mawaddah wa rahmah.

About these ads

2 Responses

  1. Ini artikel sangat barus untuk kita yang ingin berumah tangga

  2. Thanks..nie. Pak ..posting nya…bisa jadi bekal ak ….yg insyaallah….mo berkeluarga…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: